Jakarta, Indonesia | Monday, 28-05-2018

NEWS UPDATE

Filipina Akhiri Perundingan Damai Dengan Pemberontak Maois

RWS | Jumat,24 Nov 2017 - 11:16:40 WIB

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte/ Foto ist.

CityPost – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyampaikan pihaknya telah mengakhiri perundingan damai dengan pemberontak pimpinan Maois pasalnya eskalasi permusuhan masih terus terjadi meskipun ada perundingan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Presiden Harry Roque yang mengatakan pihaknya sangat menyayangkan bahwa anggotanya gagal menunjukkan ketulusan dan komitmen mereka dalam mewujudkan perundingan damai yang tulus dan bermakna.

Perundingan damai dikatakan merupakan upaya untuk mengakhiri konflik yang terjadi hampir setengah abad, dimana sudah lebih dari 40.000 orang terbunuh. Juga terjadi saat Duterte memimpin dan mulai menjabat pada Juni tahun lalu.

“Presiden, seperti kita semua tahu, selalu ingin meninggalkan warisan perdamaian dibawah pemerintahannya. Dia sebenarnya telah melangkah lebih jauh untuk perdamaian,” ujar Harry seperti yang dilaporkan reuters.

Diketahui, pada Kamis (23/11) Presiden telah menandatangani  proklamasi yang menandakan berakhirnya perundingan perdamaian melalui perantara Norwegia.

Pada Mei lalu, juru damai pemerintah juga membatalkan sesi baru perundingan formal dengan pemberontak pimpinan Maois di Belanda setelah pasukan gerilyawan melakukan dan meningkatkan serangan di pedesaan. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar