Jakarta, Indonesia | Wednesday, 17-10-2018

NEWS UPDATE

Gunung Agung Kembali Erupsi Setinggi 1,5 Km

Hen | Selasa,01 Mei 2018 - 18:04:28 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Bali, CityPost – Gunung Agung yang berada di Karangasem Bali kembali mengalami erupsi dengan membumbungkan abu vulkanik setinggi 1,5 kilometer. Hal itu disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Devy Kamil Syahbana.

Devy mengatakan erupsi Gunung Agung terjadi padapukul 22.45 WITA. Gunung setinggi 3.142 mdpl itu kembali menggeliat dan erupsi yang teramati dari puncak gunung.

“Teramati abu letusan berwarna putih-kelabu tebal. Tinggi kolam abu 1.500 meter dari atas puncak Gunung Agung,” tukasnya pada Senin (30/4) malam lalu.

Dikabarkan, meletusnya Gunung Agung malam lalu bertepatan dengan bulan purnama. Bagi umat Hindu Bali, malam bulan purnama menjadi bagian penting dari proses ritual keagamaan, oleh karenanya masyarakat langsung menggelar persembahyangan.

Disebutkan saat letusan terjadi, angin bertiup mengarah kebarat. Letusan itu menurut petugas berwenang saat ini tidak mengganggu operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang hingga kini masih normal beroperasi.

“Sampai saat ini operasional penerbangan aman lancar terkendali,” terang Humas Bandara Gusti Ngurah Rai, Bali.

Sementara itu, menurut laporan periodik PVMBG terjadi sebanyak satu kali gempa dan letusan, gempa hembusan terjadi empat kali, gempa vulkanik terjadi satu kali dan gempa tektonik jauh terjadi satu kali.

Menyikapi hal itu, pihak PVMBG menghimbau warga disekitar Gunung Agung dan para pendaki atau pengunjung wisatawan untuk tidak berada dan melakukan pendakian atau aktivitas apapun di zona rawan bahaya yang berada diseluruh areal dalam radius empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Kendati demikian, zona bahaya menurut PVMBG masih bersifat dinamis dan masih terus dilakukan evaluasi yang artinya dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan aktivitas lanjutan Gunung Agung. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 1
Obat Katarak Tanpa Operasi
02 Mei 2018 - 10:07:21 WIB
terimakasih informasinya sangat membantu sekali
http://goo.gl/7oiSgX
http://goo.gl/SVXUD3
http://goo.gl/fRhwe3
http://goo.gl/MYQ8wB
http://go o.gl/v6Lh16
AwalKembali 1 LanjutAkhir

Nama

Email

Komentar