Jakarta, Indonesia | Monday, 28-05-2018

NEWS UPDATE

Hukuman Seumur Hidup Mladic Disambut Gembira Warga Bosnia

RWS | Jumat,24 Nov 2017 - 11:13:19 WIB

Mladic marah dalam ruang siang peradilan internasional di Den Hag/ foto ist.

CityPost – Mahkamah Peradilan Internasional di Den Hag, tengah menyatakan mantan Jenderal Bosnia Serbia Ratko Mladic bersalah dan memvonisnya dengan hukuman penjara seumur hidup atas kejahatan perang yang dilakukannya selama menjabat dan pada masa perang Bosnia.

Mladic divonis dengan 10 pasal tuntutan terkait genosida yang dilakukan, kejahatan kemanusiaan dan kejahatan perang selama perang Balkan diera tahun 1990.

Hakim yang memimpin sidang, Alphons Orie menyampaikan Mladic pada 13 dan 14 Juli 1995 telah mengeksekusi 1000 laki-laki Muslim Bosnia termasuk anak-anak dan manula di Gudang Kravica. Pada 16 Juli 1995 sebanyak 1000 dan 1200 mengeksekusi orang di barak militer Branjevo.

Mladic sendiri yang dijuluki sebagai Jenderal Pembantai Bosnia tampak marah saat berada diruang sidang yang berlangsung pada Rabu (22/11) lalu di Den Hag. Atas kemarahannya, Mladic akhirnya dikeluarkan dari ruang sidang sebelum keputusan diumumkan.

Mladic membantah dan mengatakan semua yang dikatakan diruang sidang bohong.

Keputusan Mahkamah Internasional ini disambut gembira oleh mayoritas warga Bosnia khususnya mereka yang pernah menjadi korban dan dari kalangan keluarga korban yang tewas dieksekusi Mladic. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar