Jakarta, Indonesia | Monday, 10-12-2018

NEWS UPDATE

Menkominfo: Pelaku Startup Mesti Punya Strategi

GRY | Jumat,10 Agus 2018 - 23:27:25 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.foto.ist

Jakarta, CityPost - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, pelaku startup mesti punya strategi dan melewati proses pengembangan bisnis yang benar untuk bisa mencapai status unicorn.

"Sekarang kita dorong startup untuk betul-betul lewat proses yang proper. Karena setelah nanti dia jadi startup yang proper, dikurasi, kemudian kita naikkan statusnya bisa sampai kepada unicorn. Jadi harus ada strateginya," ujar Rudiantara, dalam jumpa pers di Jakarta, Jum`at (10/8/18).

Unicorn sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebut perusahaan rintisan yang belum melempar saham ke publik dengan valuasi lebih dari USD 1 miliar (sekitar Rp 13 triliun).

Menurut Rudianya jika startup di Indonesia menjalani proses pengembanganbisnis yang benar, maka akan lebih mudah bagi bisnis-bisnis tersebut untuk maju dan memiliki nilai perusahaan yang tinggi. Rudiantara mengungkapkanm, ia kerap kali menemui pelaku-pelaku bisnis
yang mengaku membangun bisnis startup, tetapi tidak melewati proses
seperti validasi pasar ataupun inkubasi.

"Saya tanya, ini sudah divalidasi belum market-nya? [Jawabannya] belum, Pak. Sudah lewat proses inkubasi belum? Belum, Pak. Saya bilang, ya Anda belum startup," tuturnya.

Sejak dua tahun yang lalu, Kemenkominfo mendukung sebuah gerakan yang mendorong berkembangnya 1.000 startup di Indonesia hingga tahun 2020. Saat ini, Rudiantara mengatakan jumlah yang dinyatakan valid mencapai lebih dari 300 startup.

Rudiantara mengklaim seluruh startup yang tercatat itu adalah mereka yang sudah melewati proses pengembangan seperti inkubasi dan akselerasi startup. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar