Jakarta, Indonesia | Wednesday, 17-10-2018

NEWS UPDATE

Robert Mugabe dan Istri Diberi Imunitas Hukuman

RWS | Jumat,24 Nov 2017 - 11:11:56 WIB

Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dan istrinya/ foto ist.

CityPost – Setelah diminta mundur oleh rakyat Zimbabwe, mantan Presidennya Robert Mugabe beserta istri saat ini tengah dituding sejumlah kasus. Mulai dari korupsi skala besar hingga kecurangan dalam proses pemilihan.

Kendati demikian, saat ini Mugabe dan istrinya juga ditengarai telah mendapatkan kekebalan dari semua tuntutan hukum yang diajukan kepadanya.

Hak imunitas ini disampaikan oleh seorang pejabat partai Zanu-PF yang kini berkuasa dan informasi dari seorang jurnalis di Harare terkait perkembangan terkini dari Mugabe melalui perwakilan VOA di Zimbabwe.

Sebelumnya diketahui, Mugabe telah bersedia mengundurkan diri dengan sejumlah syarat yang diajukan kepada para jenderal dan pemimpin politik Zimbabwe. Selama 37 tahun berkuasa dan pasca dirinya memecat wakil presiden  Emmerson Mnangagwa pada 5 November lalu, lembaga-lembaga negara lalu diambil alih oleh pihak militer. Seiring dengan itu, Mugabe juga mengumumkan bakal mengangkat istrinya mengantikan pucuk pimpinan Zimbabwe.

Atas sikap itulah akhirnya rakyat Zimbabwe kecewa dan geram lalu menuntut dirinya mundur dari kursi presiden pasalnya mereka tidak suka dengan gaya hidup mewah istri Mugabe.

Dari sisi lain, kelompok HAM menuding Mugabe curang dalam pemilihan dan membiarkan korupsi skala besar serta bertanggungjawab atas penyiksaan dan pembunuhan ribuan lawan-lawan politiknya selama berkuasa.

Emmerson sendiri yang selama dua minggu berada dalam pengasingan kini sudah kembali ke Zimbabwe pada Rabu (22/11) lalu. Emmerson Mnangagwa rencananya akan diangkat sebagai Presiden Zimbabwe menggantikan Mugabe setelah sumpah jabatan dilakukan oleh Ketua Parlemen Zimbabwe. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar