Jakarta, Indonesia | Saturday, 24-08-2019

NEWS UPDATE

Gempa 5,7 SR Guncang Halmahera Barat

Hen | Kamis,07 Feb 2019 - 14:51:48 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter dikabarkan tengah mengguncang kawasan Halmahera Barat, tepatnya diwilayah laut, sebelah barat laut Kabupaten Halmahera Barat pada Pukul 11.15 WIB.

Hal itu disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Mereka menyebutkan gempa itu merupakan gempa tektonik yang terjadi pada Kamis (7/2) hari ini.

Ketua Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan dari hasil analisa mereka, gempa itu memiliki kekuatan M=5,6 dan dimutakhirkan menjadi Mw=5,7.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,6 yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw=5,7,” tegas Triyono di Jakarta.

Episenter gempa itu sendiri menurut Triyono berada pada titik koordinat 1,58 LU dan 126,43 BT atau tepatnya berlokasi dilaut pada jarak 128 km arah Barat Laut Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara dikedalaman 39 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat deformasi batuan pada Lempeng Laut Maluku,” tukasnya.

Gempa bumi ini juga dirasakan sampai ke Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Bitung dan Ternate III-IV MMI.

Hingga saat ini pihak berwenang masih belum menerima laporan adanya korban jiwa, atau korban luka dan kerusakan yang terdampak dari guncangan gempa tersebut. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar