Jakarta, Indonesia | Saturday, 24-08-2019

NEWS UPDATE

Revitalisasi Planetarium Ditargetkan Selesai 2021

AL | Selasa,16 Jul 2019 - 23:13:55 WIB

Planetarium di TIM, Jakarta Pusat.foto.ist

Jakarta, CityPost - Kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Jakarta Pusat segera direvitalisasi termasuk  Planetarium. 
 Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta TIM, Imam Hadi Purnomo mengatakan, revitalisasi TIM dilakukan pada tahap I di 2019 sedangkan Planetarium akan direvitalisasi pada tahap II di 2020. Revitalisasi Planetarium ditargetkan selesai tahun 2021.

"Semuanya bertahap. Revitalisasi Planetarium juga sedang kami bahas bersama PT. Jakarta Propertindo (Jakpro). Belum final nanti konsepnya seperti apa. Yang jelas akan direvitalisasi dan lebih modern," kata Imam kepada awak media di Jakarta, Selasa (16/7).

Imam menuturkan, secara garis besar revitalisasi Planeterium akan berkonsep digital. Semua layar bisa disentuh dengan tangan mengikuti perkembangan zaman milenial sekarang.

Terkait masalah revitalisasi TIM yang mengganggu observatorium, Imam akan membahas lagi dengan pihak-pihak yang bersangkutan agar letak obsevtorium berada di lokasi yang tepat sehingga pengunjung bisa melihat benda langit.

"Seharusnya, observatorium itu di tempat dataran tinggi dan sepi. Tapi nanti kami bahas lagi," ujarnya.

Budayawan Betawi Yahya Andi Saputra setuju Planetarium harus direvitalisasi karena ini adalah tempat edukasi bagi anak-anak yang ingin mempelajari astronomi. Namun, revitalisasi Planetarium juga harus memikirkan semua aspek, terutama observatorium.

"Mumpung pembangunan belum dimulai, lebih baik dikaji terlebih dahulu bangunannya akan seperti apa, dan apa saja dampak positif dan negatifnya. Jangan sampai mubazir dengan pembangunan yang tidak ada ujungnya. Ini sudah bulan Juli. Saya juga baru lihat pembangunan baru pagar-pagar saja. Pembangunan Planetarium selesainya masih lama," kata Yahya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar