Jakarta, Indonesia | Saturday, 24-08-2019

NEWS UPDATE

Malang Berupaya Kembangkan Potensi Wisata Sumber Maron

AL | Rabu,17 Jul 2019 - 19:19:06 WIB

Wisata Sumber Maron di Malang, Jawa Timur.foto.ist

Malang, CityPost - Pemerintah Kabupaten Malang mengupayakan pengembangan destinasi Sumber Maron, yang terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, untuk menjadi salah satu tujuan wisata andalan yang dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Plt Bupati Malang Sanusi berharap pengembangan wisata air Sumber Maron bisa menyamai salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah Kabupaten Malang, yaitu Pujon Kidul di Kecamatan Pujon.

"Desa Karangsuko, dengan potensi Sumber Maron dan unggulan lainnya, bisa menjadi Desa Wisata layaknya Pujon Kidul dengan Cafe Sawahnya," kata Sanusi yang ditemui wartawan di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dalam upaya pengembangan Sumber Maron, BUMDes sebagai pihak pengelola diharapkan bisa mendapatkan pengarahan dan berbagai pelatihan dari dinas terkait supaya bisa berkembang dengan pesat. Sanusi menambahkan, Kabupaten Malang juga memiliki destinasi wisata unggulan lain yang dikelola oleh BUMDes selain Desa Wisata Pujon Kidul. 

Desa Ekowisata Boonpring di Desa Sanan Kerto, bersama Pujon Kidul menjadi salah satu proyek percontohan nasional. Saat ini, dua destinasi wisata unggulan di Kabupaten Malang tersebu telah berhasil meraup omzet hingga miliaran rupiah tiap tahunnya. Desa Wisata Pujon Kidul memiliki omzet mencapai Rp5,35 miliar, sementara Ekowisata Boonpring sebesar Rp 2,8 miliar.

"Pelatihan harus terus diberikan oleh dinas terkait, agar Sumber Maron semakin dikenal masyakarat sebagai tempat wisata potensial," ujar Sanusi. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar