Jakarta, Indonesia | Sunday, 08-12-2019

NEWS UPDATE

Sebanyak 402 Titik Panas Terpantau di Kalbar

Hen | Selasa,06 Agus 2019 - 17:33:47 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Pontianak, CityPost - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) melaporkan ada sebanyak 402 titik panas di 13 kabupaten/kota di Kalbar.
 
"Dari data yang terpantau oleh satelit yang dikelola LAPAN, tercatat sebanyak 402 titik panas, hanya Kota Singkawang yang tidak ditemukan titik panas dari tanggal 5 hingga 6 Agustus," kata Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Desy kepada wartawan di Sungai Raya, Selasa (6/8).

Desy menyebutkan, titik panas terbanyak di Kabupaten Kapuas Hulu (76); Sanggau (72); Ketapang (69); Sintang (45); Kubu Raya (29); Landak (27); Mempawah (25) ; Bengkayang (18); Kayong Utara (9); Sambas (5); dan Pontianak (4).

"Hanya Kota Singkawang yang tidak terpantau titik panas," ujarnya.

Namun, BMKG Supadio tidak bisa memastikan apa penyebab munculnya titik panas tersebut, apakah dari aktivitas pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) atau tidak. 

"Karena untuk memastikan hal tersebut, kami harus berkoordinasi lagi sehingga tidak salah dalam menentukan penyebab munculnya titik panas tersebut," jelas Desy.

Dalam seminggu terakhir, jumlah titik panas yang terpantau terbesar di Kalbar. Sebelumnya, Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Donny Charles Go mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembersihan lahan dengan cara dibakar. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar