Jakarta, Indonesia | Tuesday, 10-12-2019

NEWS UPDATE

Pengamat: Kompetensi Rektor Asing Harus Terbukti

RWS | Rabu,07 Agus 2019 - 12:18:06 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi menargetkan sedikitnya lima PTN akan dipimpin rektor terbaik dari luar negeri pada 2024. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas PTN dalam menciptakan lulusan di era persaingan global.

Menanggapi rencana itu, pengamat pendidikan dari Universitas Paramadina, Andreas Tambah menekankan pemerintah harus memastikan rektor asing yang akan direkrut memiliki kompetensi yang sudah terbukti dan bisa diandalkan. 

"Kita merekrut ini jangan asal dari asing, tetapi kompetensinya belum terbukti atau kapasitasnya sebagai rektor yang mampu mengangkat perguruan tinggi negara lain bisa masuk peringkat 100 besar. Ini harus betul-betul yang punya kredibilitas tinggi," kata Andreas di Jakarta, Selasa (6/8).

Menurut Anderas, apabila rektor dari luar negeri tersebut tidak memiliki rekam jejak dan kemampuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia, dikhawatirkan mereka hanya coba-coba di Indonesia.

"Ke Indonesia itu mereka (rektor asing) bukan lagi untuk coba-coba tetapi memang harus target kita harus terpenuhi berapa tahun dia mampu bisa membawa salah satu perguruan tinggi kita bisa masuk 100 besar," tegasnya.

Rektor dari luar negeri diharapkan dapat meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dalam negeri untuk bersaing dengan perguruan tinggi asing. Sebelumnya, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengaku telah mengantongi izin dari Presiden Joko Widodo soal rencana pemerintah yang akan mendatangkan rektor asing. (RWS/ist)



Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar