Jakarta, Indonesia | Sunday, 08-12-2019

NEWS UPDATE

Tim Mobil KaCa UMM Lakukan Sosialisasi Mitigasi Bencana

AL | Rabu,07 Agus 2019 - 23:39:19 WIB

Tim Mobil KaCa dari kelompok Kuliah Kerja Nyata 18 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan mitigasi bencana di desa Bambang, Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, untuk memberikan edukasi seputar kebencanaan.foto.ist

Malang, CityPost - Banyaknya korban yang terdampak bencana alam di Indonesia, khususnya Jawa, mendorong inisiatif Tim Mobil KaCa dari kelompok Kuliah Kerja Nyata 18 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan mitigasi bencana. Sarana literasi inklsusif berkonsep Mobil Pintar ini terjun ke tengah siswa SD dan SMP di desa Bambang, Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, untuk memberikan edukasi seputar kebencanaan.

"Salah satu alasan dipilihnya lokasi ini karena dikenal dengan wilayah yang sering terjadi bencana gampa bumi dan juga longsor. “Mengingat lokasi Desa Bambang Kecamatan Wajak ini berada di lereng gunung Semeru,” kata Koordinator Desa KKN 18 UMM, Fani Wahyu Pamungkas kepada wartawan.

Materi mitigasi bencana disampaikan oleh Liyana Nurul Azmi dari  Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana) UMM yang berafiliasi langsung dengan organisasi Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Cara menyelamatkan diri ketika suatu bencana seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir dan juga Tsunami sedang terjadi diajarkan dalam materi ini

Kami menyampaikan materi dengan cara yang unik dan menggembirakanagar para siswa dapat menerima materi yang disampaikan dengan maksimal, metode yang digunakan yaitu bernyanyi dan ada permainan yang kaitannya pada kewaspadaan saat terjadi bencana. Bahkan, sempat dilakukan juga simulasi agar para siswa dapat menerapkan secara langsung materi yang diajarkan melalui beragam metode itu," ujar Fani. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar