Jakarta, Indonesia | Tuesday, 10-12-2019

NEWS UPDATE

Buang Sampah Sembarangan di Desa Penfui Timur Denda 500 Ribu

Hen | Jumat,09 Agus 2019 - 23:27:35 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Kupang, CityPost - Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengapresiasi pemerintah Desa Penfui Timur yang menerapkan sanksi denda sebesar Rp 500.000 bagi warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

"Penerapan denda bagi warga yang membuang sampah sembarangan merupakan hal yang baru di daerah ini," kata Jerry ketika mengunjungi Desa Penfui Timur di Kupang, Jum`at (9/8).

Jerry menjelaskan, aturan ini diterapkan menyusul maraknya kegiatan pembungan sampah di kawasan Desa Penfui Timur sehingga menyebabkan banyak sampah medis dan sampah rumah tangga bertebaran di kawasan lahan kosong milik TNI-AU di Penfui Kupang. Sanksi denda ini menjadi pijakan bagi warga daerah itu dalam menjerat pelaku pembuang sampah.

"Sanksi denda menjadi efek jera bagi warga lainnya yang sering membuang sampah di daerah ini," ujarnya. 

Jika masalah sampah bisa diatasi, Jerry yakin Desa Penfui Timur akan menjadi daerah yang bersih dan sehat dengan lingkungan alam yang nyaman.

Kepala Desa Penfui Timur, Eklopas Nome, mengatakan banyaknya sampah di desa ini menjadi persoalan yang serius. Setiap hari, desa ini dipenuhi sampah meski berulang kali dibersihkan. 

"Kami membuat Perdes itu untuk memberikan efek jera kepada masyarakat. Perdes yang mengatur sanksi bagi warga itu mulai diberlakukan pada September 2019 mendatang," tegasnya. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar