Jakarta, Indonesia | Sunday, 08-12-2019

NEWS UPDATE

Ujikom Para Calon Kades Jadi Perbincangan di Kab Maros

Rinaldo | Selasa,05 Nov 2019 - 23:15:33 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Maros, CityPost - Mekanisme baru dalam pertarungan pilkades (pemilihan kepala desa) tahun ini dilakukan dengan cara uji kompetensi (ujikom) calon kepala desa (kades), menjadi perbincangan di masyarakat Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Ujikom calon kades inipun tidak luput menjadi perhatian salah satu bakal calon kuat Bupati Maros, H. Muhammad Nur yang memang sudah mengetahui hal itu.

Walau masih belum semua wilayah desa ditahun ini yang melaksanakan, Nur meyakini bahwa ujikom calon kades dapat menunjang pembangunan desa dan kemakmuran masyarakat.

Muhammad Nur mengaku ujikom yang baru dilaksanakan tahun ini itu-pun menjadi daya tarik baginya, mengingat kepala desa adalah perpanjangan tangan pemerintah.

“Dengan sistem uji Kompetensi itu berarti, kan yang lulus itu para calon kepala desa sudah punya bekal dalam bertugas sebagai kepala desa yang memang selalu dituntut untuk mampu mengembangkan manajemen pemerintahan desa di wilayahnya”, ungkap Nur saat diminta tanggapan tentang ujikom calon kades yang sedang dilaksanakan tahun 2019.

Sehingga nantinya, kades akan mampu mengakomodasi kepentingan warganya serta dapat meningkatkan kemajuan desa, baik itu dibidang pembangunan infrastruktur maupun percepatan pelayanan masyarakat, jelas putra daerah Maros yang punya latar belakang perwira angkatan darat ini.

Kebijakan baru yang diberlakukan khusus untuk para kandidat atau calon kades wajib ikut ujian tertulis kemudian menjalani tes interview atau wawancara. 

Kemudian, kandidat yang lulus uji kompetensi akan menjalani tes kesehatan dan tes narkoba pada, jelas M. Nur menjawab pertanyaan wartawan media ini.

Sepengetahuannya, ujikom calon kades ini dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) terkait, tutupnya sembari mengatakan bahwa ujikom ini adalah hal baru di negara kita, karena memang jaman sekarang masyarakat akan memilih pejabat yang mampu melayani kepentingan warganya.(Rinaldo-citypost)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar