Jakarta, Indonesia | Tuesday, 10-12-2019

NEWS UPDATE

Prabowo Bakal Siapkan Komponen Pertahanan Dari Pelajar

RWS | Selasa,12 Nov 2019 - 13:49:29 WIB

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/foto ist Akun Kemenhan

Jakarta, CityPost – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan komponen  cadangan pertahanan militer yang akan melibatkan kaum pelajar. Hal itu katanya sedang dalam penyusunan dan melibatkan pihak Kementerian Pendidikan.

Prabowo juga menyerukan bahwa komponen pertahanan seharusnya tidak dibangun hanya oleh Kementerian Pertahanan saja, melainkan harus dibangun oleh sejumlah lembaga dan kementerian lain demi memperkuat sistem pertahanan itu sendiri dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mantan Danjen Kopassus ini menjelaskan bahwa sistem pertahanan negara terdiri dari dua unsur yakni militer dan non militer atau fisik dan non fisik.

“Pertahanan militer fisik itu dari komponen utama, cadangan dan pendukung. Utama adalah TNI harus siapmenghadapi, komponen nonmiliter ada unsur lain, ada peran kementerian diluar bidang pertahanan,” tegas Prabowo dalam rapat kerja perdana bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Senayan Jakarta pada Senin (11/11) lalu.

Sementara itu, terkait pelibatan kementerian pendidikan dalam menyusun komponen cadangan dari kalangan pelajar, kata Prabowo, semua akan melibatkan peran kalangan pelajar SMA, SMP dan Perguruan Tinggi.

“Contoh kerjasama dengan Kementerian Pendidikan untuk menyusun komponen cadangan latihan perwira cadangan, latihan untuk komponen cadangan, akan banyak peran di SMA, SMP dan Peguruan Tinggi. Sebagai contoh kalau lihat di US sumber perwira itu mereka dapat dari akademi militer, mungkin 20 persen, 80 persen adalah perwira cadangan dari universitas-universitas,” tukasnya. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar