Jakarta, Indonesia | Tuesday, 10-12-2019

NEWS UPDATE

BMKG Laporkan Ada Tsunami Kecil Di Jailolo Dan Bitung

RWS | Jumat,15 Nov 2019 - 02:44:15 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Usai gempa tektonik berkekuatan 7,1 skala richter diwilayah Maluku Utara dan Sulawesi Utara pihak BMKG tengah mengumumkan adanya potensi tsunami dan melayangkan peringatan dini.

Namun setelah dua jam kemudian, BMKG lantas secara resmi mencabut status peringatan dini tsunami yang diumumkan pada Jumat (15/11) dini hari.

Kendati demikian, pada akun twitter resmi BMKG @infobmkg dinyatakan pihaknya mendeteksi adanya tsunami kecil yang diakibatkan gempa diperairan antara Maluku Utara dan Sulawesi Utara. Gelombang tsunami dinyatakan tidak membahayakan.

BMKG mengatakan, gelombang tsunami mencapai wilayah Ternate, Maluku Utara pada pukul 23.43 WIB dengan ketinggian mencapai 0,06 meter.

“Telah terdeteksi tsunami di Ternate, Jailolo dan Bitung,” tulis BMKG melalui akun twitternya pada Jumat (15/11) dini hari.

Gelombang tsunami juga menurut BMKG terdeteksi diwilayah Bitung, Sulawesi Utara pada pukul 00.08 WIB dengan ketinggian mencapai 0,10 meter.

Disebutkan, gempa susulan juga terjadi sebanyak 28 kali dengan magnitudo bervariasi dengan kekuatan terkecil 3,2 SR dan yang terbesar 5,9 SR.

Informasi itu disampaikan Ketua BMKG Dwikorita Karnawati melalui konferensi pers dihadapan awak media pada Jumat (15/11) pukul 02.30 WIB.

“masyarakat dihimbau tetap waspada terhadap gempa susulan dan bukan tsunami karena peringatan dini tsunami sudah dicabut dan berakhir. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan perlu dihindari bangunan yang sudah retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan atau tempat tinggal anda cukup tahan gempa,” ungkapnya di kantor BMKG Jakarta. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar