Jakarta, Indonesia | Friday, 14-08-2020

NEWS UPDATE

Pasien Covid Kabur, Petugas Jemput Diusir Warga

Hen | Selasa,07 Jul 2020 - 19:32:14 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist screen shoot video Channel You Tube ABC News

Sumenep, CityPost – Pandemi Covid-19 saat ini tengah menjadi momok menakutkan ditengah-tengah masyarakat. Selain dampaknya terhadap kematian, wabah ini juga tengah membuat nilai ekonomi anjlok dan sejumlah masalah sosial lainnya.

Salah satu permasalahan adalah stigma negatif dari masyarakat terkait Covid-19 dan para petugas yang menanganinya. Seperti yang terjadi diwilayah Sumenep, Madura, Jawa Timur, dimana saat itu warga Dusun Dandang Biring, Desa Kolpo, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep menusir petugas Covid-19 yang hendak menjemput pasien positif Covid-19 usai melarikan diri dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Moh Anwar Sumenep.

Seperti yang dilansir melalui kompas Sumenep, pengusiran itu dilakukan pada Senin (6/7) dan tengah viral dimedia sosial. Dalam tayangan video itu terlihat ada petugas Covid-19 dan petugas Puskesmas Batang-Batang bersama anggota Koramil dan Polsek setempat gagal membawa kembali pasien Covid-19 yang melarikan diri.

Pasien yang berjenis kelamin perempuan itu melarikan diri pada Jumat (3/7) lalu dan sengaja disembunyikan oleh keluarganya.

“Mending bapak pergi saja. Tidak ada corona disini. Kalaupun ada dan orangnya sudah meninggal akan kami kuburkan sendiri tidak perlu bapak-bapak datang kesini lagi,” tegas salah seorang perempuan dalam tayangan video yang viral bersama puluhan warga lainnya.

Satgas dan anggota Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Batang-Batang dan seluruh jajaran yang datang menjemput mengalah lalu meninggalkan lokasi dan hanya menyerukan kepada masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Ada resistensi dari keluarga pasien. Padahal, kami sudah berusaha dan komunikasi baik-baik, tapi mereka tetap menolak untuk diperiksa kesehatannya,” terang Joko Suwarno. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar