Jakarta, Indonesia | Friday, 14-08-2020

NEWS UPDATE

Merapi Membengkak, BNPB Serukan Siap Siaga

Hen | Kamis,09 Jul 2020 - 23:57:46 WIB

Gunung Merapi Yogyakarta alami deformasi/foto ist

Jakarta, CityPost – Perubahan tektur Gunung Merapi yang terus membesar atau mengalami fase deformasi (perubahan bentuk) tengah membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) khawatir dan akhirnya mengirimkan surat kepada BPBD Yogyakarta untuk bersiap siaga.

Menyikapi deformasi Gunung Merapi itu, Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan mengatakan bahwa saat ini pihaknya bersama Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) telah berkordinasi dengan Bupati Selman Sri Purnomo dalam upaya tanggap respon aktivitas Gunung Merapi yang terus mengembung selama beberapa hari ini.

“Dari hari Sabtu 4 Juli, ada gempa vulkanik dangkal dua hari berturut-turut,” ungkap Lilik saat berada di Sleman pada Kamis (9/7).

Terkait aktivitas Merapi, BNPB mengaku mendapatkan informasi dari BPPTKG Yogyakarta khususnya adanya aktivitas yang berbeda dari Gunung Merapi.

“Dari data-data BPPTKG, kami mengirimkan surat kepada BPBD DIY dan Jawa Tengah. Maksud dari surat itu untuk kesiapsiagaan. Kita mendatangi empat kabupaten, Boyolali, Klaten, Sleman dan Magelang untuk kesiapsiagaan, memastikan jalur-jalur evakuasi harus siap,” tegas Lilik.

BNPB sendiri mengaku yang menjadi fokus mereka adalah prioritas penanganan bencana dan menjaga keselamatan masyarakat sekitar Gunung Merapi.

“Hari Sabtu kemarin dari BPPTKG menyampaikan ada gempa vulkanik dangkal dua hari berturut-turut. Nah, ini menjadi satu indikasi. Kami sebelumnya sudah tahu ada erupsi-erupsi yang sudah terjadi, bahkan ketinggian mencapai diatas tiga kilometer. Semua adalah aktivitas vulkanik,” ujarnya. (Hen/ist) 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar