Jakarta, Indonesia | Friday, 14-08-2020

NEWS UPDATE

Anies Bilang Reklamasi Saat ini Akan Mengendalikan Banjir

Hen | Sabtu,11 Jul 2020 - 20:20:06 WIB

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/ foto Ryan citypost

Jakarta, CityPost – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mendapat sorotan tajam terkait kebijakan mengizinkan reklamasi yang sebelumnya sudah dia dihentikan diera kepemimpinan Gubernur sebelumnya.

Anies mengatakan bahwa pada reklamasi yang dilakukan Pemprov sebelumnya terhadap 17 pulau hanya menghasilkan banjir di Jakarta karena berhadapan dengan Cengkareng Drain dan Muara Sungai Angke. Keduanya telah mengganggu aliran sungai kelaut lepas dan berpotensi memicu terjadinya banjir.

Namun, kata Anies untuk reklamasi lahan seluas 155 hektar di Ancol dan Dunia Fantasi malah akan bisa mengendalikan banjir, pasalnya penambahan lahan dilakukan dengan memanfaatkan hasil kerukan dari waduk dan sungai yang akhirnya bisa melindungi warga Jakarta dari banjir.

“Sementara di Ancol ini adalah proyek pemerintah untuk melindungi warga Jakarta dari banjir. Lalu dilakukan pengerukan sungai, waduk, yang kemudian menghasilkan lumpur disitu kemudian muncul yang biasa disebut tanah timbul karena penimbunan lumpur disana,” ungkap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan ini juga mengatakan nantinya pengerukan dan pengelolaan lahannya akan dilakukan oleh pemerintah melalui PT Pembangunan Jaya Ancol.

“Pemanfaatan untuk seluruh rakyat apalagi program ini tidak mengganggu kegiatan nelayan, tidak menghalangi aliran sungai manapun menuju kelaut dan ini sudah berlangsung selama 11 tahun,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Anies Baswedan menerbitkan izin reklamasi perluasan kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 237 Tahun 2020 tentang izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi Dufan seluas lebih kurang 35 hektar dan kawasan Taman Impian Jaya Ancil seluas 120 hektar. Kepgub ini sudah ditandatanganinya sejak 24 Februari 2020 lalu. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar