Jakarta, Indonesia | Friday, 14-08-2020

NEWS UPDATE

Lurah GroSel Dicopot Usai Bantu Buat eKTP Djoko Tjandra

Chan | Sabtu,11 Jul 2020 - 22:19:45 WIB

Buronan Kejaksaan Agung Djoko Tjandra/foto ist via kompas

Jakarta, CityPost – Lurah Grogol Selatan (GroSel-red), Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Asep Subahan saat ini telah dinonaktifkan dari jabatannya usai diketahui membantu memberikan pelayanan eKTP kepada buronan Kejaksaan Agung Djoko Tjandra.

Asep dinilai telah melanggar disiplin sebagai aparatur sipil negara (ASN) usai menerbitkan eKTP bagi Djoko Tjandra. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir pada Sabtu (11/7) hari ini.

“Fokusnya baru itu. Karena kan mereka sebagai penguasa daerah dan mereka yang menjadi diduga memberi pelayanan langsung kepada di Sjoko Tjandra,” ungkap Chaidir.

Chaidir mengatakan pihaknya sejauh ini baru memerika dan memberikan sanksi kepada Asep dan masih melakukan pengembangan pemeriksaan karena lurah yang pertama kali menerima.

Diketahui, Asep menjalani pemeriksan yang dilakukan Inspektorat dan Camat Kebayoran Lama. Selama diperiksa, posisi Asep telah digantikan untuk sementara oleh Camat Kebayoran Lama sebagai PLH Lurah Grogol Selatan usai Asep dinonaktifkan sejak Kamis (9/7) lalu.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jakarta Selatan Abdul Haris mengatakan proses pengurusan eKTP Djoko Tjandra dilakukan secara sah karena yang bersangkutan masih terdaftar sebagai penduduk lama di Kelurahan Grogol Selatan dan memegang NIK lama, belum direkam eKTP.

“Jadi sah saja, orang dia penduduk lama, pemegang NIK lama dan kebetulan saat itu dia hadir di kelurahan, rekam foto dan tidak ada masalah,” ungkap Haris.

Diketahui, sejak divonis 2 tahun penjara atas kasus Bank Bali, Djoko Tjandra melarikan diri dan diketahui berpindah kewarganegaraan menjadi warga Papua Nugini. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar