Jakarta, Indonesia | Tuesday, 10-12-2019

NEWS UPDATE

Miras Picu Pertikaian Di Karubaga, Ada Korban Tewas Dan Luka

Hen | Minggu,10 Nov 2019 - 18:33:42 WIB

Sebuah rumah milik Kepala Suku, Teyur Wandik dibakar usai pertikaian yang memicu penembakan terjadi di Karubaga, Tolikara/foto Derwes-Diskominfo Tolikara

Tolikara, CityPost – Mapolres Tolikara menyampaikan laporan terkait adanya petikaian yang memicu penembakan dan terjadi diwilayah Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua. Disampaikan peristiwa pertikaian terjadi bermula saat ada seorang pemuda dalam pengaruh minuman keras (miras) yang melakukan penganiayaan terhadap salah seorang anggota TNI Kopassus.

Melalui Posko Siaga Wamena, dilaporkan peristiwa pertikaian yang berujung pada penembakan itu terjadi pada Sabtu (9/11) lalu sekitar pukul 13.50 WIT. Posko Wamena menghubungi Kasat Reskrim Polres Tolikara Ipda Jarwo Sasmito untuk melaporkan hal  tersebut.

Peristiwa penembakan sendiri, terjadi pada pukul 11.15 WIT yang terdengar dari arah kampung Gilingbatu kemudian direspon oleh Patroli Polres Tolikara. Kemudian, dari laporan pihak terkait keawak media disebutkan, setibanya di lokasi kejadian, Patroli Polres Tolikara bertemu dengan masyarakat sipil dan anggota TNI AD dari Kopassus yang tengah berdialog untuk mengambil mayat salah seorang laki-laki OAP yang tertembak.

Peristiwa menjadi ricuh saat Patroli Polres Tolikara tiba dilokasi penembakan, masyarakat yang warganya tertembak tidak terima lalu melakukan penyerangan terhadap pihak Polres Tolikara dan TNI yang berada dilokasi kejadian. Untuk meredam dan menghalau massa, petugas akhirnya mengeluarkan tembakan peringatan, tetapi masyarakat masih melakukan penyerangan.

Akhirnya, kemarahan masyarakat bisa diredam usai Wakapolres Tolikara yang didampingi oleh Kabag Ops.AKP Titilolobi dan Kapolsek Kota Tolikara Ipda Isak Okoka bersama tokoh adat setempat berhasil menenangkan masyarakat untuk tidak bertindak anarkis. Usai bisa diredam, masyarakat akhirnya membawa mayat lelaki OAP it ke RSUD Tolikara.

Kabarnya, massa yang masih belum puas atas peristiwa pertikaian yang memicu penembakan itu tengah melayangkan ancaman bakal melakukan pembalasan terhadap aparat keamanan usai mereka memakamkan lelaki OAP yang hingga berita ini diturunkan belum diketahui identitas aslinya karena kondisi tidak memungkinkan.

Anggota TNI AD yang terluka dan dianiaya juga belum diketahui identitasnya. Namun, disebutkan dalam laporan, massa juga akan melakukan pembakaran terhadap tempat produksi minuman keras lokal yang berada diwilayah Karubaga.

Diketahui, saat ini situasi di Kota Karubaga, Kabupaten Tolikara belum kondusif. Masih terdapat perkumpulan massa pada beberapa titik. Untuk pengamanan, Polres Tolikara dibacp up BKP Brimobda Sulsel (Satgas Aman Nusa) yang tengah menerapkan status Siaga I.

itu, pihak berwenang mengatakan perlu adanya upaya untuk mengantisipasi situasi kamtibmas diwilayah hukum Polres Tolikara agar tidak dimanfaatkan oleh kelompok tertentu yang berniat melakukan kerusuhan maupun pembakaran dan pembunuhan yang serupa seperti yang terjadi di Wamena dan Jayapura. (Hen-Derwes-diskominfo Tolikara)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar